Kita,Mereka Dan Punk….

 

Minggu 10 Juni 2007,di sela-sela PJTD Tegalboto yang diadakan di gedung PKM.saya beserta 2 orang teman wanita,Yessi dan Rully menyelinap dan membolos dari dari diklat jurnalistik tersebut.bagi para pemberontak seperti kita,hentakan dan raungan musik punk di belakang gedung PKM lebih menarik daripada mendengarkan teori-teori jurnalistik yang harus kami ikuti.

 

Jadilah saya dan temen-temen wanita saya masuk ke dalam gedung kecil tempat pertunjukan musik punk itu.gak ada yang special di dalam gedung itu,jangankan lighting,bahkan panggung saja tidak ada.hanya ada 2 buah gitar listrik,1 bass,1 perangkat drum,3 buah Sound Laney dan 1 efek distorsi.saat saya masuk ke dalam gedung,bau minuman keras langsung menusuk ke hidung saya.di depan mata saya terpampang gerombolan anak muda yang moshing mengikuti musik-musik keras ala The Ramones,Sex Pistols atau Nirvana.mereka berjoget dengan gaya mirip orang berkelahi,saling pukul-memukul bahkan menendang.tidak sedikit dari mereka jatuh akibat terpukul atau tertendang orang di sebelah mereka.yang mengherankan,tidak ada seorang pun yang marah,yang ada hanya senyuman dan tawa seakan mereka terlepas dari beban yang menghimpit mereka.

 

Saat asyik head banging mendengar musik mereka,saya melihat beberapa orang gadis muda yang berbaur bersama para punkers tersebut.selayaknya musik punk,dandanan dan aksesoris mereka bener-bener cadas.rambut Mohawk,piercing di berbagai tempat,Tatto,Celana Jins ketat dan sobek-sobek,Sepatu Boots,rokok yang menyelip di bibir dan tak lupa mata merah akibat pengaruh alcohol.sempat terlintas dalam pikiran saya,apakah mereka tidak diusili oleh para punkers laki-laki.

 

 

Saat saya mengedarkan pandangan ke sekeliling gedung,ada beberapa spanduk bernada perlawanan dan anti terhadap sistem.tulisan-tulisan macam “ Pagah Anti Rasis “ atau “ Perempuan Merdeka!Hancurkan budaya patriarki”,” Anti Imperialisme “ begitu mencolok mata dengan gambar-gambar unik dan warna yang mencolok mata.

 

 

 

 

 

Karena rasa penasaran yang sudah memuncak,saya pun berjalan menghampiri gerombolan-gerombolan punkers di depan saya.sempat terbersit rasa takut karena dandanan mereka yang sangar-sangar.ternyata saat saya menawarkan wawancara,mereka dengan ramah menyambut,menjabat tangan saya dan tak lupa dengan senyum persahabatan menyungging di bibir mereka.benar-benar beda dari gambaran para anak punk di mata saya selama ini.

 

Punkers pertama yang saya wawancara adalah KNDP ( Nama samaran ), saat ini tercatat sebagai mahasiswa salah satu perguruan tinggi negeri di jember. Dia berbicara seputar idealisme anak-anak punk yang menjunjung tinggi kebebasan dan kesamaan hak.dia juga berbicara tentang prinsip hidupnya yang tidak perduli dengan pendapat orang lain,dan tidak mau orang lain mencampuri urusannya,tetapi jika orang lain meminta bantuannya dia tidak segan untuk menolong.dia juga mengumpat system pendidikan di Indonesia yang menentukan kelulusan murid melalui UNAS.karena menurutnya yang paling mengerti murid adalah para guru,bukan pemerintah.dia juga bercerita dengan semangat kalau Punk itu masalah hati,bukan masalah dandanan atau sekedar cara berpakaian dan mode yang saat ini tengah ngetrend.

 

Di tengah-tengah wawancara ada seseorang yang memeluk saya dari belakang.saat saya menengok,ternyata dia seorang adik kelas saat masih SMA,sebut saja namanya Gentong.karena lama tak bertemu saya ngobrol banyak mengenai keluarganya dan tentu saja musik Punk.saat ditanya kenapa dia senang berkumpul dengan anak punk,dia menjawab dengan diplomatis kalau dalam komunitas anak punk,tidak ada yang namanya diskriminasi,semua orang adalah saudara.dia juga bercerita kalau emosinya bisa disalurkan melalui moshing dan mengumpat sepuas-puasnya.dan dia juga menjelaskan bahwa moshing itu bukan gerakan anarkis melainkan pelampiasan ekspresi dan kemarahan terhadap system yang ada.saat disinggung mengenai minuman keras yang begitu identik dengan anak punk,dia berkata kalau tidak semua anak punk adalah peminum.tapi dia juga tidak menyangkal bahwa banyak dari mereka yang peminum.dia juga bercerita,dengan minum,mereka serasa saudara,1 botol untuk beberapa orang.

 

Saat saya lagi asyik nimbrung dengan si Gentong,saya melihat seorang cewek manis tersenyum pada saya.singkat kata akhirnya kita pun berkenalan.cewek manis ini bernama Nancy ( nama samaran ).dia temen akrab si KNDP dan si Gentong.dengan cara ngomong yang belepotan karena masih dalam pengaruh alcohol, dia bercerita banyak mengenai dia dan dunia punk.Nancy yang masih duduk di kelas 3 SMA ini tidak khawatir kalau ada punkers lelaki yang usil padanya.sebab dia tahu kalau dalam komunitas punk,semua sama,tidak ada perbedaan gender, mereka semua saudara, dan dia menambahkan kalau para punker lelaki sangat menghormati dia jadi tidak ada yang namanya usil,hal ini juga diamini oleh kedua temannya.saat ditanya mengenai orang tuanya,dia bercerita kalau orang tuanya sekarang ada di Makassar,dan dia juga blak-blakan kalau keluarganya almost broken.karena itu dia senang sekali kalau berada dalam komunitas punk yang menerima dia apa adanya,menghormatinya dan tidak ada yang namanya jaim.saat disinggung mengenai masa depannya,dia bercerita kalau dia punya cita-cita bisa kuliah di Malang,tapi dia mengaku tidak begitu memikirkannya.

 

Setelah sedikit banyak berbincang dengan punkers,saya jadi trenyuh melihat masih sempitnya paradigma berpikir masyarakat akan anak-anak punk.masyarakat kebanyakan mempunyai dogma kalau anak punk adalah sampah masyarakat yang tidak punya masa depan,anak punk adalah anak-anak kasar dan tidak punya sopan santun.padahal saat berbicara dengan mereka,saya mendapatkan keramahan yang bahkan tidak saya dapatkan di instansi pemerintah.mereka juga mempunyai sifat kesetia kawanan yang kental dan saling menghormati satu sama lain,tidak ada diskriminasi.dan saya juga baru tahu kalu para punkers yang datang hari itu tidak hanya berasal dari Jember saja,banyak dari mereka yang datang dari Malang,Surabaya bahkan Jakata.padahal acara yang diadakan oleh komunitas punk yang bekerja sama dengan UKM kesenian UNEJ ini minim publikasi.hal ini menunjukkan betapa eratnya persahabatan dan komunikasi antar anak punk.

Hari semakin beranjak sore,tapi tak ada tanda-tanda para punkers akan pulang.saya pun masih betah berada di tengah-tengah anak punk yang ramah dan sopan,tapi karena saya gatal ingin menuliskan sedikit cerita tentang mereka,saya pun pamit pulang pada KNDP,Gentong dan Nancy,3 orang punkers yang meski berbeda latar belakang,mereka tetap satu karena disatukan oleh ikatan yang bernama PUNK….

BEING PUNK IS NOT A FUCKING CRIME!!

30 Tanggapan so far »

  1. 1

    binatang buas said,

    emm….kalo mo maen jangan biarkan otak mu sadar…?oy…namanya kurang sangar….lebih baek namanya di ganti….ngadeg ngerog…..

  2. 2

    PiNk_GaL'z said,

    WaH…3x tERnyAta aNak2 pUnk iTuw ga’ MENAKUTKAN sePertI yan9 aKu baYan9kAn…
    aKU ju9a sEkaRng sEdiKIt2 tERtaRik DEng9aN duNIa puNK…
    cOntoHnYa eMo,,,
    Lo bOLeh TaOk, aKU miNta aRtikEL teNtan9 duNia pUnk duNK… kAta TEmeNkU pUNk iTUw mAceM2… ToLon9 dUnk cARi’iN aRtikeLna…ThaNkz YaP…

  3. 3

    benjamin einstein said,

    punk is not dead…keep punk and rock

  4. 4

    .dan dia juga menjelaskan bahwa moshing itu bukan gerakan anarkis melainkan pelampiasan ekspresi dan kemarahan terhadap system yang ada.<— aduh mbak tolong diperjelas tentang anarkis, kalo kita berbicara anarkisme tentu saja hal ini tidak akan lepas dari salah satu paham politik kind like democratism, comunism, socialism dan isme isme yang lain, coba kamu cari buku bakunin, or leo tolsyoy adalah sastrawan anarkis yang terkenal.kembali ke topic tadi, punk sebanarnya gak bisa lepas dari budaya contra culture alias budaya perlawanan, karena menjadi punk adalah menjadi orang yang sangat political, orang yang sangat peduli dengan apa yang terjadi dilingkungan sekitar, kenapa punk cenderung mengkonsumsi alcohol apa mereka butuh pelarian? hahahah tidak semua orang yang ada di komunitas punk pemabuk, saya contohnya telah bebas dari segala hal yang memabukkan sejak lama sekali, mabuk atau tidak itu pilihan setiap individu yang merdeka, dan juga mengapa anarkisme karena dalam anarkisme kita tidak mengenal adanya suaitu institusi yaitu negara yang menindas hidup kita dengan kebijakan yang dibuat untuk melindungi pemodal. jadi disini ulasan mbak yah harus lengkap jangan sepotong2, saya ada ketika wawancara ini berlangsung dan terima kasih telah memberikan tulisan tentang scene kami. and the struggle continues……
    viva la anarchism!
    best Regards
    Raden Mas Minke

  5. 6

    the owner said,

    buat mas raden mas minke strummer…first of all, saya cowok, hahaha…

    tidak semua orang punk adalah pemabuk…that’s right… tapi di jember, para punkers (baik sejati maupun bohongan) telah menganggap minuman berakohol sebagai teman hidup mereka. dan dari beberapa sumber yang telah saya wawancara, sebagian besar dari mereka memang butuh pelarian, entah pelarian dalam hal apa…mungkin mas sebagai bagian dari punk communities di jember bisa memberi penjelasan…

    mengenai tolstoy, saya memang pingin sekali membaca karyanya, tapi selalu membentur sesuatu, entah itu waktu atau bukunya yang lagi gak ada…

    kalo boleh saya minta nomer hpnya, kebetulan saya dan teman2 di komunitas tegalboto akan membuat majalah yang temanya musik. mungkin saya bisa mendapat beberapa info soal punk movement di jember atau lebih luas…

    makasih telah memberika komentar yang membangun…

    rock on!

  6. 7

    Dewa said,

    ok brooooo……!!!! aq setuju….!!!!! punk bukan kriminal, butpunk is lifesytle!!!! makannya lo smua jangan onyapkiran macem2 ama punk!!!! ok?!!?!!? peace n love!! PUNK IS NOT DIED

  7. 8

    the owner said,

    buat mas dewa… punk sebenernya lebih luas dari sekedar lifestyle. bisa dibilang punk adalah anak sah dari rock n roll, seperti rock n roll yang merupakan ank sah dari blues.

    punk adalah simbol perlawanan, sama seperti flower generation di era 60-70an. dan punk adalah sebuah ideologi yang sebenarnya berlandasan do it yourself, selain sebagai ideologi perlawanan tentunya.

    yup, punk timbul tenggelam, tapi punk tak pernah mati…

    nuran

  8. 9

    jodieisme said,

    punk lebih dari sekedar lifestyle,,,
    ituh adalah sebuah semi-ideologi,,
    well, tapi tentu saja hal itu berbeda dg jodieisme,,

  9. 10

    bapuk said,

    keren jg critanya

    tp yng gw tau punk,hardcore,skinhead dll
    cma btujuan 1. jadi diri lw sndri
    bner gax cwry nech klo gw sok tau
    hhehe:

    punk not die lah

  10. 11

    nu gelo said,

    punk adalah filsafat menurut ku..
    karena punk ber idealisme……..

  11. 13

    RM minke said,

    hmm kita kontakan via email ajah yah disitu ada alamat saya di kolom email kalo pasang nomor bisa gawat saya hehehehehhe maaf lama banget baru buka web site ini lagi.leo tolstoy saya ada beberapa bukunya alangkah senangnya jika kita bisa bertemu dan berbincang sambil saling menimba ilmu
    thanks lot mates

  12. 14

    the WINK_32 said,

    :””” my livfe just for punk”’

    punk akan terus ada di muka bumi ini karena punk akan terus berontak untuk kebebasan….

    oi..oi..oi.
    viva la revolution

  13. 15

    gisella said,

    menurut aq,,punk tu asik jugag,,
    mreka punya idealisme,kesetiakawanan,saling nghormatin,,
    bnyk orang bilang,anak punk tuh anjing,gag punya sopan santun,kasar,deelel,,
    tp menurut aq gag gitu,,
    malah mgkin orang2 yg bisa’X cuma ngumpat,&ngmaki tuh lum tentu mreka uda bner,,yg ada gag bnr tp sok bner,,sok punya kelakuan baek di depan tapi ternyata anjing dibelakang,,
    masi bagusan anak punk,,
    cOz,,kliatanX doank diluar mreka brutal,,pdhl sbnrX mreka baek,,
    gag ky manusia2 sok bener,,sok baek di depan tp jelek diblakang,,

  14. 16

    chevi''dexter''.c said,

    hancurkan kapitalis dan bangkitkan anarchist soul……………………
    punk adalah jati diri dan akan selalu ada selama penindasan dan ketidakadilan merajalela

  15. 17

    thx banyak atas tulisanya,itu adalah realita dalam dunia kita,dimana penampilan tak selamanya berati isi….

  16. 18

    isa_street said,

    samarinda street punk no comment!!!!!!!

  17. 19

    isa_street said,

    samarinda street punk no comment!!!!!!!
    bhuldshit dengan ucapan mu…………

  18. 20

    Saya SeLaLu teRtaRik dgn haL yg BeRbAu Punk. Punk seLaLu menaRik dimata saya.
    btw tadi di atas ada yg bLg punk Adalah LifEStYLe. menuRuT saya gak GitU bRo. punk tU idEOLoGi! kaLo Anda MengangGaP punk LifEStyLe kesanNYA anda ikuT-ikuTaN. Sama aja kayak posseR T0L0L Lain yg(misaLnya)sok-sok beRpenampiLaN punk tp gak tau deFinisi punk tU sendiri, teRUS besok2 dandan metaL, besoknya LaGi em0,ganti terus kayak gak punya pendirian aja

  19. 21

    suck said,

    memang bangsat mereka semua yg katakan punk ntu kriminal… mmg mereka spa.. seenakx z katakn punk cm sampah….

    oi!…oi! fucking oi!……

    DIY……..

  20. 22

    kidna said,

    anak punk selalu peduli rakyat kecil, kita semua sama tidak ada perbedaan. bukan kepada manusia saja kita peduli pada bumi pun yang kita injak, kita sangat peduli.
    ” Amankan Bumi Untuk Tiap Hari “

  21. 23

    Maya said,

    Saya Maya dari Rumah Seni Eloprogo, Bejen, borobudur..
    Boleh minta info ttg komunitas Punk yg bisa dihub lewat e-mail atau FB?
    kami ada rencana mengadakan kegiatan dengan komunitas punk..
    thanks infox..
    Peace n lv to all

  22. 24

    busieettttt mereka ank mamy yg sembunyi di bawah ketiak
    ibu”blagu,soook,,bngga atas kekayaan y
    anjing2 koruptor

  23. 25

    yoga said,

    saya sangat setuju dengan itu karena punk bukan sampah masyarakat dan mereka hanya mencari keadilan di negeri yang kotor ini

  24. 26

    yoga said,

    kami sangat setuju dengan itu karena punk bukan sampah masyarakat dan kita hanya mencari keadilan di negeri yang kotor ini

  25. 27

    opunks said,

    iyo eh sam yoga tkang tato???

  26. 28

    opunks said,

    punk itu ya aq….
    punk itu ya dri diri qt sendiri…..

  27. 29

    […] This post was mentioned on Twitter by ade mandala putra, enci pratama. enci pratama said: Kita, Mereka Dan Punk! –> http://bit.ly/fGVgUA […]

  28. 30

    ANTI PUNK said,

    ANAK PUNK KELOMPOK KECIL YANG HANYA INGIN CARI SENSASI DAN PENAKUT. MEREKA HANYA KELIATAN GARANG N BERANINYA HANYA KEROYOKAN, TAPI KALO SENDIRI KAYAK ANAK AYAM KEHILANGAN INDUKNYA. ANAK PUNK GA PUNYA PENDIRIAN KOKOH, LANDASANNYA SETAN IBLIS DAN TIDAK PUNYA ARAHAN HIDUP YANG LEBIH BAIK. IRI SAMA ORANG YANG BERBAJU RAPI DAN BERSIH DAN WANGI. HANCURKAN PUNK DIMANAPUN BERADA KARENA MEREKA DALAH SAMPAH MASYARAKAT YANG PERLU DI BERSIHKAN DARI DUNIA, BIAR TIDAK MENULAR.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: