School Of Rock: When Everybody in the Class Start to Rocking

dscn9239

Ayat-Ayat Suci Itu…

Tidak, kisah ini bukan cerita tentang sebuah institusi kesenian di Jakarta yang kisahnya pernah ditulis dengan brilian oleh Wendi Putranto. Tapi ini kisahku saat aku harus mengajar bahasa inggris untuk anak kelas 3 SD di pelosok desa Pocangan kecamatan Sukowono.

Hari sabtu, seperti biasa, jadwalku di pagi hari selama KKN adalah mengajarkan bahasa inggris dasar untuk anak-anak SD di desa Pocangan. Hari itu aku mendapat jatah mengajar anak kelas 3. setelah minggu lalu aku mengajar anak kelas 6, dan kelas berakhir dengan perkelahian, aku berharap para anak kelas 3  ini tidak sebrutal dan seganas anak kelas 6.

Aku masuk kelas dengan mantap dan sok berwibawa. Di kelas sudah ada Ika – anak fakultas kedokteran dari Sragen yang selalu mengaku dia berasal dari Solo. Ada juga Choky – Koordinator desa yang juga berasal dari fakultas kedokteran, ssstttt, dia punya adik yang cantik. Lalu ada si Lukman – mahasiswa akademi keperawatan, yang merupakan satun-satunya lelaki yang layak untuk dipandang di kelompok kita selain choky

“sampai mana pelajaran kalian?” aku bertanya dengan suara diberat-beratkan. Lalu seorang anak mengeluarkan buku LKS yang masih bagus – tanda bahwa buku ini jarang disentuh. Dengan sedikit membaca, aku sudah malas mau mengajar. Isi bukunya sendiri tipikal buku-buku anak SD yang selalu sama dan membosankan.

Lalu muncul ide gila di kepalaku.

“gimana kalau kita menyanyi aja?” kataku lantang di depan kelas.

”iya kak, iya kak, kakak ganteng deh!” riuh rendah kalimat itu segera terdengar dari seluruh penjuru kelas. Uhm, oke, kata-kata bahwa aku ganteng itu memang fiksi belaka. Jangan dianggap serius kawan.

”mau nyanyi apa kita hari ini?” tanyaku lagi. Dengan polos anak-anak berumur 10 tahunan ini menyebutkan beberapa band sesat pemuja cinta. Sebut saja dari yang paling norak, ST 12. lalu ada band yang paling sering dihujat, Kangen Band. Hingga band pop jebolan salah satu ajang pencarian band berbakat, D’Masiv.

Fuck! Why this should happen to me? Gimme a break! Adik-adikku, kalian sudah terlalu lama menjadi domba yang tersesat. Biar kakak Nuran yang akan membawa kalian ke jalan kebenaran, way of rock!

Lalu aku mengambil sebatang kapur yang sudah berbentuk mirip ujung penis. Aku menuliskan dua baris lirik.


Hey hey mamma, said the way you move
Gonna make you swept, gonna make you groove!

Tahukah kalian apa judul lagu itu? Sambutlah Black Dog, lagu  nominasi pengganti lagu kebangsaan kita Indonesia Raya.

Dan ya, aku mengajari mereka lagu Black Dog, gimana cara menyanyinya hingga memberi mereka sedikit propaganda

“kalian jangan terlalu banyak mendengarkan ST 12 atau Kangen Band, itu bisa bikin otak kalian menjadi rusak, dan kalian akan menjadi bodoh selamanya!” aku berbicara lantang di depan kelas. Dan ya, mereka percaya itu semua. Untuk lebih meyakinkan mereka tentang kebenaran hipotesa jeniusku itu, aku mengorbankan Ika

“kalau gak percaya, coba tanya mbak Ika. Dia itu bu dokter, pasti tau hal apa yang merusak otak” imbuhku tolol. Dan Ika yang aku jadikan senjata hanya bisa menganggukkan kepala dengan lemah.

Kalau kalian berpikir kelas sudah usai, maka kalian salah besar! Salah besar! Karena sesaat seusai kelas rock itu selesai, aku bertanya pada murid-muridku yang kubanggakan itu

”kalau sabtu kalian pulang jam berapa?” aku bertanya pada seluruh kelas. Dan seluruh kelas pun  kompak menjawab

”jam 12 kaaaaakkkk!”

Wow, itu masih 2 jam lagi saudara. Kalau anda bercinta selama 2 jam, maka anda akan merasakan kesemutan lalu pinggang anda kram karena terlalu lama menggoyang, dan anda akan menghabiskan sisa hari itu berada di atas tubuh pasangan anda. Itu merupakan waktu yang lama. Lalu sisi gak warasku muncul lagi.

”gimana kalau sekarang kita pulang aja? Kalian ganti baju, lalu aku tunggu di balai desa. Kita mancing dan mandi di sungai aja. Gimana, setuju gak?” tanyaku dengan tingkat menyesatkan sedemikian rupa. Namanya juga anak-anak, kalau diajak melakukan sesuatu yang menyenangkan, pasti kita bisa menduga jawabannya

“iyaaaaa kaaaaaakkkk, mandi di sungai aja yuuuuukkkk!!!!” teriak mereka kompak. Dan jadilah tepat jam 10 pagi aku bubarkan kelas dan segera pergi menuju sungai meninggalkan guru mereka yang terbengong-bengong menyaksikan murid-muridnya yang  berhamburan pulang….

Note: Buat para murid-muridku di SDN Pocangan, jadilah kalian anak-anak yang berbeda. jadilah kalian ana-anak yang berani. sebab tuhan bersama orang-orang yang berani

4 Tanggapan so far »

  1. 1

    elexyoben berkata,

    MOHON RESTU ALBUM KEDUA “ANTOLOGI JIWA-JIWA”

    Salam Gerilya,
    Mohon hapus jika anda tidak menghendaki usaha gerilya ini mampir di blog anda., sebaliknya terima kasih sekali jika anda sudi merubahnya menjadi postingan dalam blog anda

    Kami telah mengupload seluruh lagu ELEX YO BEN dalam album pertama GENDING BEJAD. Silahkan di download secara gratis di blog ini.

    Hingga akhir April 2009 kami akan melakukan proses recording album kedua yang kami beri judul “ANTOLOGI JIWA-JIWA.” Dalam album tersebut, EYB berjanji untuk menghadirkan karya yang bisa dipastikan beda dari album sebelumnya.

    Pantau kabar terbaru EYB yang selalu kami beritakan lewat blog http://elexyoben.wordpress.com/ ini. Sejumlah video klip, kontak person, data, untuk berbagai kerjasama atau sekedar menyambung relationship juga bisa anda dapatkan dalam blog ini.

    ELEX YO BEN (EYB) are
    DIONYS DHEWANINDRA : All Song/lyric/vocal/video klip maker
    RHINDRA SUSPA : All Instrument/Composer/rec/mixed

    SELAMAT MENDOWNLOAD DAN MENIKMATI ALBUM GENDING BEJAD BERIKUT INI :
    PEREMPUAN DI BATU NISAN.mp3 (3:35)
    MY WIFE VERY DANGEROUS.MP3 (3:36)
    THE PANU FANS CLUB.MP3 (3:36)
    SAAT KU BRUTAL.MP3 (3:03)
    LOVE EMANG ANJRIT.MP3 (4:08)
    PERANGKAP ROCK N ROLL.MP3 (3:41)
    ANAK STUDIO.MP3 (2:21)
    SI BAJU BIRU ( Hikayat Homo ereczionizt).MP3 (3:09)
    GENDING BEJAD.MP3 (8:00)
    ROCK DIJIDATMU.mp3 – Solo gitar (8:30)
    MY WIFE VERY DANGEROUS LIVE ACOUSTIC VERSION.mp3 (3:40)

  2. 2

    anang berkata,

    terlalu……penyesatan……

  3. 3

    Fanny berkata,

    eh hai hai..

    i’ve read your e-book, Alone Long Way bla bla bla :D

    It was quite interesting actually, gaya tulisan kalian, terutama sih elu yang bernama Nuran ini, cukup menarik dan ga ngebosenin. Dan setelah gw blogwalking rumah lu ini, terutama postingan lu yang ini ni,, gw makin suka sama lu mas, hehe..

    Nice write, I think you’re kind of cool guy or something (aga berlebihan sebenarnya ;p) but it might be nice to know you in person, hehe.. ;)

  4. 4

    Moch.Ulul Azmy berkata,

    Inspiratif ni, buat KKN besok huahuahua :D


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: